Cara menghapus background di CorelDRAW

3 Tips Cara Menghilangkan Background di CorelDRAW dengan Sangat Mudah

Jika Anda seorang desain grafis ataupun seorang pemula yang sedang belajar tentang desain tentu pernah mendapatkan masalah bagaimana cara menghilangkan background di corelDRAW. Nyatanya setiap gambar yang kita download tidak semuanya file berbentuk transparan.

Cara Menghilangkan Background di CorelDRAW

Kegunaanya banyak sekali selain kita bisa merubah warna backgroundnya, tentu saja kebutuhan lainnya seperti menempatkan objek ke pola backround yang lain.

Bagi yang belum paham biasanya gambar yang berbentuk transparan ekstensi filenya selalu berformat png. Maka dari itu ketika Anda mendownload di mesin pencari biasakan dibelakangnya selalu disertai .png. 

Tetapi tidak semua format png berbentuk transparan, ada juga yang berbentuk animasi / gambar yang bergerak. Tetapi jangan khawatir nanti juga Anda akan paham sendiri dan bisa membedakan berbagai ekstensi file didalam dunia desain.

Sebagai contoh misalnya mencari gambar buah strawberry. Maka tuliskan dimesin pencari dengan kata strawberry.png, maka biasanya akan muncul gambar-gambar dengan file png. Silahkan Anda save jika gambarnya berbentuk png biasanya sudah hilang backgroundnya.

Tetapi jika file yang disimpan masih berbentuk file Jpeg. Besar kemungkinan backgroundnya harus tetap kita buang dengan cara di bawah. Ini berlaku untuk semua versi corelDRAW baik X3, X4, X5, X6 ataupun X7.

3 Tips cara ini ampuh bukan hanya menghapus background gambar Jpeg, Tetapi bisa juga menghapus latar putih, ataupun menghapus background photo / gambar menjadi transparan. Dan itu dilakukan tidak lebih dari 1 menit ataupun 2 menit jika Anda sudah mahir.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Menghapus Background Dengan bantuan Corel Photo Paint

Pada dasarnya corelDRAW merupakan software untuk membuat gambar vektor, sehingga tidak bisa menghapus secara langsung. Maka dari itu ketika kita menginstall software ini selalu dihubungkan dengan pengolah gambar bitmap yaitu Corel Photo Paint.

  • Langkah pertama tentunya kita terlebih dahulu masuk ke software corelDRAW.
  • Setelah masuk ke area gambar, lalu import gambar / foto yang disimpan dan akan Anda hapus backgroundnya.
  • Setelah itu seleksi gambar dengan Pick Tools, kemudian pilih Bitmap > Convert to Bitmap.

  • Muncul jendela berikut ini dan gunakan resolusi yang standar yaitu 300 dpi. Dan silahkan disesuaikan dengan settingannya seperti dibawah ini
  • Pada bagian Options, centang Semua pilihan yang ada kemudian ok
  • Setelah itu kita akan coba pergunakan Corel photo paint, yaitu langsung pilih Edit Bitmap yang ada di atas gambar yang akan kita edit maka secara otomatis akan dialihkan ke Corel Photo Paint.
  • Pada lembar kerja Corel Photo Paint, pilih Rectangle Maks Tool > Magic Wand Mask. Atau bisa klik W pada keyboard.

  • Pilih atau seleksi warna background yang ingin di hapus, kemudian klik delete dengan keyboard.
  • Setelah beres Anda tinggal klik Finish Editing yang ada di atas pojok kanan lalu kemudian pilih Yes.
  • Dan kembali ke Corel Draw dan lihat hasilnya, Maka background sudah berbentuk transparan.

B. Menghapus Background Menggunakan Fasilitas Trace Bitmap

  • Seperti biasa import gambar yang akan Anda hilangkan backgroundnya.
  • Seleksi gambarnya, pada bagian atas gambar yang anda pilih aka nada pilihan Trace Bitmap > Outline Trace > Clipart.
  • Silahkan atur pengaturannya di sebelah kanan, kemudian tunggu sampai prosesnya selesai lalu ok.
  • Apabila hasilnya kurang bagus dan bersih, seleksi gambar > kemudian klik kanan pilih ungroup.
  • Bagian yang tidak diperlukan Silahkan di hapus
  • Jika sudah blok semua atau Ctrl + A kemudian klik kanan group lagi objeknya semua atau Ctrl + G.
  • Selesai.

Untuk metoda yang kedua ini biasanya gambarnya akan berubah menjadi gambar vektor. Dan hasilnya kurang begitu bagus kalo gambar yang kita hapus backgroundnya lebih dari satu warna, kalo kita belum ahli atau terbiasa.

3. Menghapus Background dengan Menggunakan Fasilitas Tambahan seperti Photoshop

Untuk gambar backgroundnya yang bersifat komplek atau lebih dari satu warna, mungkin pilihan terbaiknya bisa menggunakan fasilitas photoshop. Cara ini akan lebih mudah untuk menghapus background dengan menggunakan Photoshop. 

Anda tinggal menggunakan fasilitas Magic Wand Tools. Caranya hampir sama dengan cara yang pertama. Atau bisa juga menggunakan Magnetic Lasso Tools jika backgroundnya lebih dari satu warna.

Bisa juga mengganti background photo dengan beberapa cara mudah seperti menggunakan aplikasi ataupun bisa secara online.

Saya yakin dengan 3 cara menghilangkan background di corelDRAW diatas sangat mudah sekali untuk dipraktekan. Semoga bermanfaat.


Leave a Comment

error: Content is protected !!