menggandakan objek di coreldraw

4 Metode Termudah Menggandakan Objek di CorelDRAW

Salah satu metode yang sering kita gunakan didalam pengolahan gambar yaitu duplikasi objek. Dimana dalam program aplikasi gambar vektor ini, ada  beberapa metode yang bisa gunakan untuk menggandakan objek di corelDRAW.

Menggandakan objek di CorelDRAW

Bagi anda yang terbiasa menggunakan program desain grafis seperti adobe illustrator, photoshop, atau program lainnya yang sejenis mungkin pengoperasiannya tidak terlalu sulit, tapi ada kebiasaan-kebiasaan yang sering digunakan diprogram lainnya sehingga terbawa pada program yang baru dipelajari.

Sebagai contoh kebiasaan copy paste Ctrl C dan Ctrl V, walaupun masih bisa digunakan untuk menggandakan objek tapi penempatannya tidak selamanya cocok digunakan pada program aplikasi yang digunakan.

Bahkan apabila gambar yang akan digandakan  sangat berat atau terdiri dari bermacam-macam warna yang bisa membuat loading komputer, maka cara copy paste ini tidak disarankan, karena bisa close program apalagi bila belum di save.

Kecuali objek yang akan digandakan sangatlah kecil maka cara diatas bisa dipakai.

Dibawah ini saya akan memaparkan 3 cara bagaimana cara tercepat dan termudah menggandakan objek suatu gambar di coreldraw selain cara copy paste di atas.

  1. Dengan menggunakan Transformation position
  2. Dengan menggunakan CTRL D
  3. Kombinasi klik kiri dan kanan pada mouse serta CTRL R 
  4. Duplikat Objek dengan step and Repeat

Menggunakan Transformation Position

Cara yang pertama ini cara yang lazim sering digunakan dan support menggunakan versi coreldraw apapun yang anda miliki. Langkah pertama objek yang akan digandakan diseleksi terlebih dahulu dengan menggunakan pick tool. Objek bisa berupa gambar ataupun vektor. Sebagai contoh saya akan menggandakan objek bintang dibawah ini.

Kemudian klik object pada menubar > Transformation > Position.

Maka akan muncul jendela transformation disebelah kanan.

Tugas anda setelah gambar diseleksi tinggal memilih arah objek yang akan di copy dan jumlah objek yang akan digandakan, serta tentukan berapa kerapatan jarak antar objeknya, setelah itu baru klik apply.

Maka secara otomatis objek akan tercopy secara cepat, mudah dan tentunya tidak loading walaupun objeknya misalkan sangat berat.

Dan kelebihan lainnya caa penggandaan objek ini penempatan gambarnya sangat akurat sekali dengan posisi yang kita inginkan.

Demikian cara cepat copy rapi di corel draw untuk banyak gambar pada cara pertama.

Menggunakan Kombinasi Keyboard CTRL D

Cara yang ke dua ini juga sangatlah mudah, tapi tidak semua versi coreldraw bisa menggunakannya kalo tidak salah hanya versi dari X4 ke atas.

Langkah pertama seperti biasa seleksi objek yang akan kita gandakan dengan menggunakan pick tool, setelah itu tinggal pijit kombinasi CTRL D pada keyboard komputer anda.

Maka secara otomatis gambar akan digandakan.

Tetapi kelemahan cara yang kedua ini tidak serapih cara pertama diatas, karena posisi gambar tidak beraturan dan sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Untuk itu kita harus memindahkan gambar satu persatu dengan cara manual menggunakan mouse, untuk hasil yang sesuai dengan apa yang kita inginkan

Menggunakan Kombinasi Klik Kiri dan Kanan pada Mouse serta CTRL R

Setelah objek diseleksi dengan menggunakan pick tool yang akan anda gandakan, langkah selanjutnya yaitu klik kiri objek dan drug dengan mengunakan mouse kearah tujuan yang akan digandakan tanpa dilepas, setelah tepat di tempat yang akan di copy klik kanan sekali tanpa melepas klik kiri.

Maka secara otomatis gambar akan digandakan dan menjadi dua, agar posisinya lurus dengan gambar objek yang ada disebelah kiri, ketika gambar di drag kesebelah kanan, kombinasikan dengan menekan tombol Shift atau CTRL pada keyboard.

Setelah gambar menjadi 2, maka untuk langkah penggandaan gambar selanjutnya tinggal menggunakan CTRL R.

Sampai disini objek akan digandakan dengan jarak yang sama.

Tetapi sayang kelemahannya hanya bisa dilakukan oleh coreldraw versi x5 ke atas.

Menggandakan Objek dengan Fasilitas Step and Repeat

Seperti biasa objek yang akan digandakan diseleksi terlebih dahulu, kemudian klik menubar edit > step and Repeat.

Maka akan muncul jendela step and repeat disebelah kanan.

Tentukan jarak antar objeknya baik horizontal ataupun vertikal, kemudian isi berapa jumlah objek yang akan digandakan di Number of copies dan selanjutnya di Apply.

Demikian cara duplikat objek di corel draw, selain menggunakan copy paste seperti pada program aplikasi yang sering kita gunakan, keempat cara diatas merupakan cara yang biasa digunakan didalam pengoperasian corel draw.

Silahkan tentukan mana yang termudah didalam menggandakan objek di CorelDRAW tentunya menurut kebutuhan yang sesuai dengan keinginan anda. Semoga apa yang saya sampaikan ada manfaatnya.

Leave a Comment

error: Content is protected !!